Jika Ronald Koeman Cabut, Mikel Arteta Bakal Jadi Pelatih Baru Barcelona, tapi Ada Syaratnya

Mikel Arteta

Prediksi Akurat Liga Spanyol – Manajer Arsenal, Mikel Arteta dikabarkan menjadi calon yang dikedepankan untuk menukangi Barcelona andai Ronald Koeman terdepak dari posisinya.

Selepas pensiun sebagai pemain, Arteta sempat menimba ilmu dari mantan nakhoda Barca, Pep Guardiola kala menjadi asistennya di Manchester City.

Arteta pun kemudian kembali ke klub lamanya, Arsenal ketika ditunjuk untuk menjadi pelatih tim utama menggantikan Unai Emery pada Desember 2019 lalu.

Mikel Arteta Calon dari Joan Laporta

Hanya dalam waktu singkat, Arteta sudah sukses mempersembahkan dua trofi bagi Arsenal, yakni Piala FA musim lalu dan Community Shield.

Kini seperti dilansir RAC1, Arteta digadang-gadang menjadi kandidat utama untuk menggantikan Koeman di kursi pelatih Barca jika pria asal Belanda itu terdepak.

Adalah calon presiden Barca, Joan Laporta yang diklaim menjadikan Arteta sebagai kandidat pelatih Blaugrana di masa depan.

Sebelumnya, Laporta sendiri sudah menegaskan bahwa ia masih memberikan dukungan untuk Koeman. Namun, jika memang Koeman harus pergi, maka Arteta bakal ditunjuk menjadi pengganti.

Berita Liga Spanyol Lainnya : “Arti Penting Menurut Sergino Dest, Kemenangan Atas Sevilla bagi Barcelona

Ada Syaratnya

Semua skenario ini bisa terjadi asalkan Laporta benar-benar terpilih menjadi presiden baru Barcelona dalam pemilihan yang rencananya digelar pada Minggu (7/3/2021) mendatang.

Dalam pemilihan presiden ini, Laporta harus bersaing dengan dua nama lainnya, yakni Victor Font dan Toni Freixa. Namun, sejauh ini Laporta diyakini memiliki peluang terbesar untuk memenangkan pemilihan ini.

Jika benar-benar ditunjuk untuk menjadi pelatih Barca, maka Arteta akan kembali ke klub masa kecilnya. Pria 38 tahun itu memang merupakan jebolan akademi La Masia.

Laporta menilai Arteta sebagai sosok ideal sebagai nakhoda Frenkie De Jong dan kawan-kawan karena latar belakangnya. Sosok berusia 38 tahun itu mengerti filosofi permainan Barcelona karena lulus dari La Masia saat menimba karier sebagai pemain.

Arteta kemudian menjadi deputi mantan arsitek sukses Barcelona, Pep Guardiola, di Manchester City.

Meski begitu, laporan sama menyebut Laporta masih memberi kepercayaan kepada Koeman. Dia baru akan mendekati Arteta jika Koeman memutuskan hengkang dari Camp Nou.

Koeman memiliki kontrak dengan Barcelona hingga 2022.